Senin, 31 Desember 2012

UI Raih Penghargaan Best Paper Award di Hong Kong

Peneliti ID-Tech FTUI menerima penghargaan
Integrated Design and Technology Research Group Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ID-Tech FTUI) meraih penghargaan Best Paper Award pada ajang International Conference on Value Engineering and Management (ICVEM) 2012.

Penghargaan disabet melalui makalah berjudul Application of Value Engineering at Public Private Partnership project to improve quality of feasibility study (Case Study: Airport Railway in Indonesia).


Seperti dilaporkan Media Indonesia, Jumat (21/12/2012), konferensi internasional yang diselenggarakan pada 6-7 Desember lalu di Hong Kong tersebut dihadiri para peserta dari berbagai negara di antaranya Australia, Prancis, Iran, China, Kanada dan Amerika Serikat.

Pada makalahnya, tim peneliti ID-Tech FTUI menawarkan rancangan proyek pembangunan airport railway Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dengan integrasi fiber optic dan inovasi railway pencegah banjir.

Integrasi fiber optic (media jaringan telekomunikasi masa kini) pada jalur kereta bandara dimaksudkan agar para investor fiber optic dapat turut berinvestasi pada pembangunan kereta airport tanpa harus menggali tanah dan melakukan pembebasan lahan.

Dengan demikian, investasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai modal pembangunan dan pengembangan airport railway. Inovasi lainnya juga dilakukan pada pembangunan railway anti banjir yang terintegrasi dengan saluran banjir kanal, mengingat kota Jakarta yang rawan banjir.

0 komentar:

Posting Komentar