Kamis, 03 Januari 2013

Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam Lestarikan Budaya Tradisional

Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam sedang
melalukan atraksinya dalam sebuah kegiatan.
(Foto oleh Rahmat/smpdh.com)
Tim Rampak Kendang merupakan salah satu ekstrakurikuler (ekskul) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Hikam, Bandung. Ekskul ini aktif melestarikan kesenian Rampak Kendang, dengan mengajarkan cara memainkan kendang (gendang) dalam budaya Sunda kepada para anggotanya.

Rampak Kendang sendiri adalah salah satu kreasi musik tradisional Sunda yang dimainkan bersama-sama oleh sekitar dua sampai puluhan pemain, seperti dikutip dari Website Provinsi Jawa Barat, Kamis (03/01/2013). Kendang ditabuh secara bersamaan sesuai musik yang dilantunkan. Tabuhannya memiliki efek suara yang keras sehingga menimbulkan perhatian para penonton.


Dalam memainkan Rampak Kendang, dapat berdiri sendiri. Artinya dari Rampak Kendang itulah membentuk lantunan lagu sendiri. Selain itu, juga bisa sebagai pengiring dari tari Jaipongan. Instrumennya pun tidak hanya kendang saja, tapi dapat divariasikan dengan alat-alat musik lainnya, seperti gamelan, rebab, dan gitar.


Nah, Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam mencoba melestarikan kesenian tersebut melalui ekskul di sekolah. Bahkan, Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam ini sudah pernah tampil dalam berbagai kegiatan, baik level nasional maupun level internasional.

Salah satunya, Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam ikut berpartisipasi dalam event internasional, Gamelan Forum, seperti dikutip dari Website Perguruan Darul Hikam. Acara yang menghadirkan kesenian gamelan dari berbagai negara di Asia tersebut digelar di Shrinakarinwirot University, Thailand pada 16-20 Agustus 2010.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam menampilkan kesenian Rampak Kendang dan Angklung di depan peserta yang datang dari berbagai negara di Asia. Selain itu, mereka juga tampil di beberapa universitas lainnya di Thailand, antara lain Chulalongkorn University dan Rajabhat University.

Saat itu, Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam juga sempat mempertontonkan keahliannya bermain kendang dalam upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok. Kesempatan tersebut tentu saja menjadi kebanggaan bagi Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam hingga saat ini. Penasaran seperti apa penampilan Tim Rampak Kendang SMP Darul Hikam? Lihat di sini.


Bagi teman-teman yang bersekolah di SMP Darul Hikam, ekskul Rampak Kendang ini pantas untuk dicoba. Selain itu, dikutip dari Website SMP Darul Hikam, juga ada ekskul Softball, Angklung, Kabaret, Taekwondo, Sepakbola, Basket, Futsal, Vocal Group, Robotik dan Bahasa Korea di sekolah yang beralamat di Jl. Ir. H. Juanda 285 Bandung tersebut. (Redaksi/dbs)

0 komentar:

Posting Komentar